Selasa, 27 September 2011

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS 60 MW

Talang Duku - Sumatera Selatan
Sejak mengawalikiprahnya di bisnis energy listrik di tahun 2010 PT PP langsung secara aktif berperan baik dalam tender proyek-proyek EPC dan IPP, maupun dalam akusisi proyek-proyek IPP.

Salah satu pencapaian cermelang yang telah diwujudkan adalah dengan memenangkan tender proyek Sewa Beli (Build Own Operate and Transfer / BOOT) Pembangkit Listrik berbahan Bakar Gas 60 MW yang berlokasi di Talang Duku, Kabupaten Musi Banyu Asin, Sumatera Selatan.

Proyek ini merupakan proyek crash program yang harus dilakukan oleh PT. PLN (Persero) KITSBS untuk memenuhi melonjaknya kebutuhan suplai listrik pada saat digelarnya perhelatan akbar di palembang berupa "26th SEAGAMES 2011" proyek ini adalah proyek sewa beli pembangkit listrik berbahan bakar gas dengan kapasitas produksi 60 MW.
Dalam pelaksanaan Proyek ini PT PP membentuk sebuah Special Purpose Company bernama PT. Muba Daya Pratama bersama partner yang telah mempunyai pengalaman, kemampuan dan reputasi yang sangat baik yaitu Navigat Energy dan PT Bangun Energy Resources serta memilih consultant ternama dalam dunia Power Plant, sebuah consultant terbesar di Canada yaitu SNC Lavalin sebagai EPCM Consultant.
Sedangkan untuk peralatan utama pembangkit ini dipilih Gas Turbine teknologi terbaru produksi General Electric type TM-2500 dan LM-2500+G4. Keduanya sudah sangat dikenal di dunia internasional sebagai Gas Turbine yang memiliki effisiensi yang baik, pengoperasian serta maintenance yang mudah dan murah serta tingkat kehandalan yang tinggi. Semua itu adalah komposisi ideal yang memang harus diwujudkan oleh PT PP untuk memastikan bahwa proyek ini dapat berjalan lancar, tepat waktu dan berkinerja handal.
Nilai proyek investasi yang dikeluarkan dalam proyek ini sebesar USD 59.135 juta dengan masa konstruksi pembangunan 6 bulan yang di mulai dari awal April hingga akhir September 2011. sehingga pada proyek investasi Talang Duku ini, PT PP (Persero) Tbk dapat mempercepar current income, yang sudah mulai diteri-ma mulai pada awal oktober 2011
Masa pengoperasian komersial dan maintenance (O&M) pembangkit tersebut oleh konsorsium akan berlangsung selama 7 (tujuh) tahun sejak selesainya masa konstruksi akhir september 2011, untuk selanjutnya akan diserahterimakan pada PT PLN (Persero)

Lingkup pekerjaan proyek ini meliputi pekerjaan sipil, infrastruktur  dan bangunan penunjang, pemasangan 2 unit turbin GE type TM-2500 dari USA dan type LM-2500 G4 dari Italy, pemasangan transformer, gas compressor dan instalasi switchyard yang dihubungkan dengan jaringan PLN wilayah Sumbagsel. Proyek PLTG ini akan menghasilkan daya sebesar 60 MW.

Dengan adanya Proyek Talang Duku ini akan menambah pasokan listrik jaringan interkoneksi di Sumbagsel, sebagai salah satu perwujudan program listrik nasional pemerintah melalui PT. PLN (Persero)

Dengan suksesnya pelaksanaan proyek pertama di bidang pembangkit listrik ini akan semakin mengukuhkan dan menambah daftar panjang keunggulan PT PP sebagai General Contractor dan Investor Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar