Rabu, 02 Januari 2013

Perayaan Tahun Baru 2013 "Jakarta Car Free Night Festival"


Jakarta, Senin 31 Desember 2012 - Dalam guyuran gerimis, pesta rakyat yang meriah mewarnai pergantian tahun 2013 di Jakarta tadi malam hingga dini hari tadi. Puluhan ribu warga memadati jalan sepanjang Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Monumen Nasional untuk menyaksikan Jakarta Night Festivalyang dikemas dalam konsep car free night. Turunnya hujan yang mengguyur Ibu Kota tak menyurutkan warga untuk menikmati malam pergantian tahun yang dipusatkan di seputaran Jalan Sudirman-MH Thamrin tersebut.


Pedagang Balon di Bundaran HI


Para warga Jakarta sudah berkumpul di Bundaran HI sejak pukul 20.00 WIB. Suasana sekitar HI semarak dengan suara terompet.Tidak lagi terlihat ada kendaraan yang lewat,bahkan sejak pukul 19.30 WIB jalan sudah berubah dengan lautan manusia.Warga terus berdatangan ke Bundaran HI.Ada yang bersama keluarga, teman-teman, serta komunitasnya.

Foto Bersama Polwan Cantik "Esty. A"

Karena gerimis,banyak warga yang menggunakan jas hujan ataupun payung yang sengaja dibawa dari rumah.Tak sedikit pula warga yang berteduh di bawah jembatan penyeberangan sambil menunggu datangnya detik-detik pergantian tahun di Bundaran HI. Rangkaian kegiatan Jakarta Night Festival menyuguhkan berbagai hiburan di 16 lokasi panggung sepanjang Jalan Sudirman–MH Thamrin serta karnaval malam Tahun Baru. Jenis tampilan seni budaya di 16 panggung hiburan itu bervariasi.

Mulai dari seni musik tradisional Betawi, keroncong, gambang kromong,wayang Betawi, campur sari,musik dangdut hingga band pop dan rock. Sementara untuk panggung utama di Bundaran HI akan tampil band The Changcuters, Metro Voice yang menampilkan dancer dan grup vokal dari para polisi wanita (polwan) Polda Metro Jaya serta berbagai tarian tradisional. Puncak perayaan detik-detik pergantian tahun 2012–2013 dipusatkan di panggung utama yang berada di Bundaran HI. Sekitar pukul 20.30 WIB, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terlihat membaur bersama warga Jakarta di Bundaran HI.

Kedatangan pria yang akrab dengan sapaan Jokowi ini langsung disambut hangat oleh masyarakat.“ Hidup Jokowi,”teriak para warga yang tampak saling berebut untuk bersalaman dengan mantan Wali Kota Solo ini. Jokowi mengaku kaget dengan antusiasme warga Jakarta untuk menonton Jakarta Night Festival.

Banyak warga Jakarta dan sekitarnya datang untuk menikmati malam tahun baru di sekitar bundaran HI, ada juga warga Negara asing yang sedang berlibur. Bundaran HI yang menjadi salah satu tujuan wisata liburan tahun baru untuk keluarga.  Pesta tahun baru menuju 2013 diperingati ratusan ribu warga Jakarta. Kawasan Bundaran HI-Sudirman-Thamrin pun menjadi letusan manusia. Kepadatan di kawasan itu benar-benar luar biasa. Bayangkan, untuk bergerak kemana-mana amat sulit. Warga saling berdesakan ingin merayakan malam tahun baru di HI. Suasana juga sangat ramai. Atraksi air mancur juga sudah disiapkan. Petugas bersiap menanti detik-detik pergantian tahun. Di kejauhan juga sudah terdengar letusan petasan bersahutan.

Tak ada pesta kembang api di perayaan tahun baru 2013 di Bundaran Hotel Indonesia. Namun ribuan warga yang merayakan tahun baru bergantian menyalakan kembang api dan meniup terompet, menyemarakkan pesta ini. banyaknya kembang api yang dinyalakan oleh warga membuat pesta tersendiri. Kembang api yang banyak menimbulkan asap yang tebal dan bau asap cukup pekat. Sementara sinar laser di kolam air di Bundaran HI terus berputar-putar. Air terjun juga naik cukup tinggi. Ribuan warga terus meniup terompet. Suasana bising namun sangat meriah. Sinar laser yang bertuliskan: "Happy New Year 2013" menyorot ke Hotel Kempinski, juga di dinding Grand Indonesia. Sementara sinar laser logo Jakarta Jaya Raya juga terpampang di dinding Hotel Kempinski.

Ribuan warga yang merayakan tahun baru pun tampak antusias mengikuti puncak pesta perayaan tahun baru ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar