Rabu, 23 November 2011

Cara Megang Kamera


Saya yakin kamu semua yg pernah megang kamera digital dan gambar yang dihasilkan tidak memuaskan atau gambar buram dan jelek gara-gara goyang. biasanya ini terjadi gara2 ketika tombol shutter Ditekan, kamera nggak pada kondisi yg cukup stabil di tangan fotografernya. apalagi kalau pas foto-foto dalam situasi Gelap, minim cahaya. yg pada kondisi demikian diafragma terbuka lebih lama, untuk nangkep cahaya lebih banyak. lalu gimana caranya megang kamera pd Situasi demikian? Tips paling maut adalah…

pakai tripod

sesungguhnya tripod memanglah solusi paling sip untuk ngatasi gambar goyang. apalagi dicombo sama timer atau remote trigger (kalo ada). masalahnya, tripod nggak selalu available ketika dibutuhkan. nah, ketika tripod nggak ada, gimana caranya megang kamera baik?
kalo dipikir2 sih sebenernya tidak ada cara yg benar atau salah. karena ini bergantung jenis kamera yg dipake, dan masih bisa bervariasi Lagi berdasarkan preferences masing-masing fotografer. beberapa teknik umum yg biasa dipake:
1. pegang kamera dg dua tangan. 
hindari megang kamera dengan satu tangan. Lalu sebisa mungkin dekatkan kamera dg badan. karena pegangan dua tangan lebih stabil daripada satu. dan semakin jauh tangan terulur, semakin besar juga peluang untuk swing. ini terutama buat yg megang kamera-kamera ringan kelas poket atau handphone. kamera DSLR secara natural lebih nyaman dipegang dg dua tangan dan viewfinder didekatkan pd mata.
2. tempelkan tangan kiri ke dada/perut atau samping badan. 
pusatkan beban kamera pd tangan kiri, sehingga tangan kanan sebagai kontrol dan penyeimbang aja. Dari pengalaman saya,  ini lumayan banyak membantu kamera (poket) supaya lebih stabil.

3. cari obyek yg cukup solid buat bersandar. 
Bisa tembok, atau pohon dan kalau nggak ada coba jongkok atau berlutut. Tapi kalo harus berdiri dan nggak ada sandaran, coba buka kaki agar sedikit lebih lebar dan supaya lebih stabil.
(catetan: kecuali fotografi panning yg memang butuh mulet, soal ini mungkin dibahas lain kesempatan)

4. Atur nafas yg enak, 
Supaya tenang ketika mencet tombol shutter aturan nafas yg enak (imho): tarik nafas penuh, keluarkan pelan-pelan sampai setengah volume, jepret, baru keluarkan sampai habis. ulangi.

5. jangan kasar mencet tombol shutter. 
Squeeze secara lembut.
Tentu saja masing-masing orang akan menemukan tekniknya sendiri gimana cara dia megang kameranya secara nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar