Selasa, 11 Oktober 2011

Memilih Kamera

Dunia photography buat saya adalah dunia baru, maklum saya masih amatir dalam hal yang 1 ini, sedikit susah untuk memulai di dunia baru (photography) karena banyak istilah-istilah baru buat saya dengar dan saya ketahui, tapi dari sinilah rasa penasaran saya muncul untuk mencoba-coba dalam dunia photography dan menjadikan ini hobby untuk mengisi waktu luang.


Hal pertama yang menjadi pertimbangan untuk menekuni hobi ini adalah kamera. ini hal mutlak yang harus dimiliki seorang photograper karena tanpa kamera kita tentu tidak akan bisa memotret suatu objek. Yang menjadi hal tersulit adalah dalam pemilihan kamera apa lagi kita yang sama sekali tidak mengerti tentang kamera. Untungnya sekarang ini bukan hal sulit untuk mencari informasi, dengan cara mencari di internet maka informasi apa pun dengan mudah didapat di sini.

Setelah browsing kesana-kemari akhirnya mulai mendapatkan pencerahan mengenai kamera yang baik untuk pemula seperti saya, mulai dari kamera poket dan dslr. tapi semakin melihat banyaknya jenis-jenis kamera mulai dari segi bentuk, model dan harga Sebagai seorang pemula seperti saya pertimbangan utama adalah harga dan kemudahan penggunaan, pertimbangan yang lain mungkin bisa ditempatkan pada prioritas berikutnya. Kamera yang akan kita bandingankan adalah kamera DSLR (Digitak Single Lens Reflex), karena untuk pengaturan gambar bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita (pengguna), dari pengaturan cahaya, pengaturan lensa, pengaturan lainnya.

Ada beberapa product yang saya bandingkan :

A. Harga (Googling)
1. Nikon D90 = Rp. 9.000.000,-
2. Canon 450D = Rp. 6.000.000,-
3. Nikon D60 = Rp. 7.500.000,-

B. Hasil jepretan ( dari sisi besar pixel gambar )
1. Nikon D90 = 12.3 MP
2. Canon 450D = 12.2 MP
3. Nikon D60 = 10 MP

C. Hasil jepretan ( dari sisi tajam gambar ) <== Hasil Forum di internet dll
1. Nikon D90 = Jernih dan bening
2. Canon 450D = Soft
3. Nikkon D60 = Jernih dan bening

D. Kemudahan pengoperasian <===Hasil Forum di internet dll
1. Nikon D90 = Agak sulit katanya
2. Canon 450D = Mudah terutama bagi newbie
3. Nikon D60 = Agak sulit katanya 

Dari hasil diatas maka saya putuskan membeli kamera DSLR Canon 450D +Kit dan lensa tambahan ukuran Sigma For Canon 70-300 MM F/4-5.6 DG Macro serta flash dan beberapa aksesoris lainnya. Sebenarnya kamera apa pun hasil gambar tergantung dari sang pengguna artinya semua tergantung sang pemakai kamera apakah dia bisa memaksimalkan momen, timing serta filling dalam melakukan pengambilan gambar.

Demikian informasi yang bisa saya berikan. mudah-mudahan bisa membantu dalam pencarian jenis kamera, ingat sebelum membeli coba di bandingkan mulai dari harga sampai keseluruhannya, karena itu bisa menjadi referensi anda dalam memilih kamera.

Salam Jepret - MD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar