Kamis, 29 September 2011

MEMASARKAN JASA KONSTRUKSI

"PT PP (Persero) adalah Perusahaan yang menyediakan Jasa (Service Providing) di bidang Konstruksi"

Bulan Februari 2008 di Bandung, Kementerian BUMN melalui Deputi Bidang Usaha Jasa Lainnya memprakarsai Workshop antara BUMN Karya (Kontraktor & Konsultan) dalam rangka saling tukar pengetahuan, pengalaman, dan informasi. 


Dari beberapa topik yang coba dijadikan pokok bahasan. Topik yang berhubungan dengan marketing (pemasaran) mendapat porsi pada hari pertama. Penyaji makalah adalah PT Waskita Karya (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Kedua perusahaan konstruksi nasional ini mengemukakan konsep pemasaran yang relatif berbeda. PT Waskita Karya (Persero) menitik beratkan pada konsep pemasaran yang lebih generik/umum, yang dikenal secara luas dengan pendekatan pada kualitas produk (diferensiasi) serta penawaran harga yang kompetitif (cost leadership).

PT Adhi Karya (Persero) Tbk, tampil dengan konsep yang lebih 'modern' yang fokus pada customer benefits melalui konsep vaule creation.

Pada sesi berikutnya, walaupun bukan dengan topik pemasaran, PT Rekayasa Industri mencengangakan para peserta dengan menampilkan pencapaian kinerja melalui strategi pemasaran yang dibangun berdasarkan analisis segmen pasar, yang diasumsikan mempunyai 'peluang' yang masih terbuka lebar, dengan penerapan strategi blue ocean. PT Rekin menciptakan kondisi, kompetitor tidak lagi relevan dalam bersaing dengan mereka.

Pertanyaannya adalah, strategi atau konsep pemasaran mana dari ketiganya yang cocok bagi BUMN Karya? atau khususnya bagi PT PP (Persero)?

PT PP (Persero) adalah perusahaan yang menyediakan jasa (service providing) di bidang konstruksi. Dilihat dari sisi ini, PT PP (Persero) tidak berbeda dengan, misalnya PT Garuda Indonesia yang bergerak di jasa penerbangan atau PT Blue Bird yang menyelenggarakan jasa transportasi. Yang membedankan hanyalah karakteristik ini yang akan membedakan rancangan strategi pemasaran masing-masing perusahaan, dan yang akan membedakan visi dan misinya.

Menurut pakar Pemasaran, P Kotter (2002), ada empat karakteristik jasa yang sangat mempengaruhi rancangan program pemasaran. Yakni :
  1. Tidak Berwujud (Intangibility)
  2. Tidak Terpisahkan (Inseparability)
  3. Bervariasi (Variability)
  4. Mudah Lenyap (Perishability)

1 komentar:

  1. PRIHAL :
    PENAWARAN KERJASAMA UNTUK KONSULTAN PENGURUSAN JAMINAN ASURANSI DAN BANK GARANSI BISA TANPA COLLATERAL/AGUNAN PROSES CEPAT,MUDAH DAN BIAYA KOMPETITIF LEBIH MURAH

    Yth Customer,
    Bapak/ Ibu
    Pimpinan /HRD/finance dept perusahaan
    di
    Tempat

    Dengan hormat,
    Perkenalkan kami Dari PT. ANUGRAH LUAS JAYA,Bersertifikat AAUI No.0611 000 8421, No Akte Pendirian 150 dan SIUP No 5027-01/1.824.271 Perusahaan kami Telah Resmi Ditunjuk Untuk Memasarkan Produk Bank Garansi & Surety Bond Bisa Tanpa Agunan (Non Collateral). Adapun Jaminan Bank garansi & Asuransi Yang kami Tawarkan Telah Diterima di instansi Pemerintah dan Swasta serta sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun jenis jaminan yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:

    DAFTAR JAMINAN:

    Jaminan Penawaran (Bid Bond)
    Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond)
    Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond)
    Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond)
    Jaminan Pembayaran Akhir Tahun (SP2D)
    Jaminan Contractor ALL RISK (CAR)
    Jaminan Custom Bond
    Jaminan Property ALL RISK (PAR)
    Jaminan Erection ALL RISK (EAR)
    Jaminan Marine Hull Insurance (MH)
    Jaminan Cargo
    Jaminan Workman Compensation Liability (WCL)
    Jaminan Conprenshive General Liability (CGL)
    Jaminan Automobile Liabelity (AL)
    Jaminan Asuransi Kebakaran (Fire Insurance)
    KMK (KREDIT MODAL KERJA)
    DAN ASURANSI UMUM LAINNYA

    Demikianlah perkenalan singkat dari kami, besar harapan kami untuk dapat berkerjasama dengan perusahaan Bapak/ Ibu dan semoga ini langkah awal untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan di masa akan datang dan atas perhatian kami ucapkan terimakasih.Adapun sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu berikut ini saya lampirkan proposal penawaran penerbitan surety bond (asuransi) dan bank guarantee (bank garansi). Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    Hormat Kami,
    PT. ANUGRAH LUAS JAYA

    ttd

    MELYAN SONATA
    Telp (021) 42888259
    Fax (021) 42888256
    Mobil 085736366719
    WhatsApp 085736366719

    Email: pt.mjs99@gmail.com
    Office:Jl.Swadaya III No.45A Kel.Cempaka Baru Kec.Kemayoran Jakarta–Indonesia (10640)

    BalasHapus