Rabu, 28 September 2011

LENSA

Saat ini berbagai macam pilihan kamera telah ada di pasaran dengan fungsi dan fitur berbeda yang digunakan sebagai media dokumentasi seorang arsitek maupun engineer. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang tips dan trik saat memilih kamera yang digunakan untuk foto-foto konstruksi.

Digital camera vs film camera, perlu kita liat fungsinya berdasarkan
kebutuhan yang akan kita gunakan, misalnya saat kita membutuhkan foto dengan tingkat resolusi tinggi untuk keperluan advertisement dan poster ukuran supersize, film kamera masih merupakan pilihan terbaik. Di sisi lain saat kita mencari sebuah kamera untuk keperluan foto dokumentasi, digital camera masih merupakan pilihan terbaik saat ini, dengan kemampuan menangkap qualitas gambar yang cukup tinggi, kemudian operasional dan tentunya ke ekonomisannya.

Saran pertama saat kita mencari digital camera yang bagus adalah memastikan bahwa kamera tersebut mempunyai lensa yang prima. Lensa Leica merupakan lensa yang cukup melegenda di kalangan fotografer. Meskipun banyak juga merk-merk lain seperti Nikon, Canon, Carl Zeiss dan Olympus yang cukup bagus. Apabila kita tidak mengetahui fungsi penggunaan dari sebuah lensa, bertanyalah! Apabila seorang penjual tidak dapat menjelaskan kepada anda bagaimana sistem bekerja lensa dengan baik, segeralah pergi cari toko lain. Lensa yang prima memang tidak menjamin bahwa gambar yang dihasilkan akan sempurna, tetapi setidaknya dengan lensa yang bagus akan meminimalisir effort anda untuk mendokumentasikan proses konstruksi, agar tidak berakhir dengan sia-sia. Setelah kita memilih lensa yang memadai, pertanyaan selanjutnya adalah resolusi, sebanyak atau setinggi apa resolusi yang akan kita butuhkan. "Pixel" merupakan elemen gambar yang merepresentasikan detail yang dapat dihasilkan dalam sebuah kamera. "Mega Pixel" berarti 1 juta pixel. Semakin tinggi pixel dalam sebuah kamera semakin tajam gambar yang dihasilkan. Setidaknya untuk saat ini sesuai dengan perkembangan teknologi fotografi minimal 3 Mega pixel merupakan pilihan yang bijaksana saat memilih membeli digital kamera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar